gemini4shared

This WordPress.com site is the bee's knees

Masalah Mobil Timor dan Penanganannya

IDLE TAK LANGSAM

Idle tak langsam : ada kemungkinan sistem pengapian ada yg kurang bagus.. sebaiknya di urut kembali Jalur kabel2 pengapian & ground… ( cek ulang kondensor & Grounding system )

MEMBERSIHKAN ISC

1. Buka belalai Gajah atau Selang Angin.

Buka belalai gajahnya biar gampang menjangkau ISC nya.

Yang dilepas cukup belalai gajah yang menempel pada trotle body, sedangkan yang menempel di box filter cukup dikendur kan saja agar bisa diputar tanpa harus melepas belalai gajah dari box filternya. jangan lupa melepaskan sensor belalai gajahnya dahulu agar tidak susah menariknya keluar dari trotle body, usahakan untuk melepasnya secara perlahan karena benda ini gampang sobek jika dilepas dengan kasar.

2. Lepas Semua Kabel Sensor dan Selang ISC

Lepaskan semua socket sensor dan selang udara.

Lepaskan semua kabel sensor dan selang filter di ISC, harus pelan-pelan agar sensor serta selangnya tidak rusak saat dilepas. pada bagian sensornya kita harus menekan casingnya dulu baru bisa terlepas, tidak bisa main cabut karena akan membuat sensor tersebut rusak. lepas juga socket sensor yang ada di TB agar lebih mudah kita saat melepaskan ISC, tidak dilepas juga tidak apa-apa namun agak ribet saja karena ada kabel yang menghalangi tangan kita.

3.Lepaskan Baut 10 pada ISC

Lepaskan baut-batu yang menempel di ISC.

ada 4 baut ukuran 10 yang menempel pada ISC nya, cukup kita lepaskan menggunakan kunci ring 10 yang panjang agar mudah menjangkau bagian baut yang ada dibawahnya. melepaskan baut juga mesti hati-hati, mengingat umur baut sudah bertahun-tahun alias tua, banyak kasus dimana baut tersebut rontok. pastikan kunci ring 10 ngepas dengan baut 10 nya agar memudahkan kita saat melepaskannya. ketika baut 10 terlepas, Isc tidak akan mudah begitu saja terlepas karena biasanya sealer bekasnya bikin ISC melekat pada Trotle Body.

4. Lepaskan ISC dari Trotle body

Ada bekasan sealer dan sealnya.

di bagian belakang ISC terdapat bekas-bekas seal yang menempel, ini juga mesti dibersihkan namun harus hati-hati karena ada seal karet yang menempel pada ISC nya. jangan sampai hilang ya, cuma pernah saya temui dibeberapa model ISC yang tidak terdapat seal  karet tipisnya, akhirnya diakalin dengan memasang sealer, gunanya untuk merekatkan ISC pada TB dan tidak ada udara dari sekitar yang masuk kelubang ISC.

5. Lepas bagian motor dan ISC nya

Lepaskan Motor dan ISC nya.

dimotor ISC nya (tabung warna item) terdapat dua baut sedang, kita harus melepaskan motornya dari ISC. baut ini mudah rusak akibat faktor usia, apabila sudah ada tanda-tanda melunaknya baut, kita wajib menggantinya dengan baut min/plus yang lain, dengan catatan panjang serta ukuran bautnya sama dengan yang lama.

6. Semprot Bagian-bagian lubang di ISC

Semprot bagian lubang ISC

siapkan cairan foam (DCS, Nulon, Carbu Conditioner, etc…), pada tiap-tiap lubang disemprot dengan cairan tersebut hingga berbusa kehitam-hitaman yang petanda kotoran didalam ISC mulai terlepas. tunggu hingga foam/busa mencair, lalu bilas dengan carburator cleaner sampai kotorannya hilang dan lakukan penyemprotan foamnya kedalam lubang tersebut sampai busa foam menjadi putih. lakukan cara tersebut berulang kali sampai ISC benar-benar bersih, untuk mengetahui ISC sudah bersih atau belum, kita kocok-kocok bagian motor ISC nya hingga berbunyi “kletek.. kletek…”. sayangnya ISC motor saya tidak berbunyi dari awal saya melepas ISC sendiri, ada kemungkinan motor yang saya punya sudah tidak original bawaan timor.

jika semuanya sudah dibersihkan dan telah dinyatakan bebas dari kotoran, langkah selanjutnya memasang kembali ISC nya ketempat asal. sebelum memasangkannya, bagian belakang ISC yang terdapat seal karet harus kita kasih sealer, enggak dikasih sealer sebenarnya tidak apa-apa, hanya untuk jaga-jaga apabila kita mengembalikan ISC ke tempat asal kurang begitu rapat. perlu kehati-hatian dalam memasangnya apalagi saat mengencangkan baut 10 ISC nya, punya saya sudah patah akibat terlalu kencang bautnya. pantas  saja selama ini teman-teman tidak terlalu mengencangkan baut ISC nya, yang penting rapat plek tidak goyang.

jika semuanya sudah terpasang dengan benar, baik ISC nya maupun socket sensor dan selangnya harus benar-benar sudah terpasang dengan rapih. nyalakan mobil hingga temperatur radiator naik normal (setengah kurang), lalu coba nyalakan AC, untuk mengecek apakah rpm masih ngedrop atau tidak. apabila ngedrop, artinya kita belum benar-benar bersih dalam hal membersihkan ISC nya.

SUmber :  http://s515i.com/?p=222

BUNYI NYERICIT & PERSENELENG SUSAH MASUK GIGI I

1. Kalo pagi2 saat mesin dipanaskan ada bunyi nyericit, sepertinya sih pada fanbelt atau pully, dan lama2 bunyinya berkurang, tapi saat pedal gas ditekan bunyi tersebut kadang2 muncul lagi

Penyebab : settingan belt nya kekencengan atau kering, kasih gemuk aja pulleynya sedikit atau beltnya di kasih belt cleaner.
2. Saat jalan tongkat persneling kadang2 susah masuk ke gigi 1

Penyebab :   karena bushingnya udah rusak, atau master koplingnya udah mau jebol.

About these ads

Single Post Navigation

One thought on “Masalah Mobil Timor dan Penanganannya

  1. Bengkel Timor Bandung

    Putera Republika Mandiri
    Buah Batu Bandung
    Om Diki – 08170226000, 0811209819

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: