gemini4shared

This WordPress.com site is the bee's knees

Menentukan Jalur Kebocoran AC

Menentukan Jalur Unit Indoor atau Outdoor AC yang Bocor.

  • Pada unit outdoor  AC ada 2 buah kran nepel,  satu untuk pipa besar  yang satu untuk pipa kecil.
  • Dalam keadaan normal (Mesin AC nyala) kran nepel terbuka keduanya.
  • Untuk cek kebocoran, lakukan penutupan pada kedua kran nepel dengan gunakan kunci L.
  • Buka sambungan nepel drat pipa 3/8 (pipa besar) dan tutup kembali dengan nepel drat tutup 3/8.
  • Masukkna selang biru manifold ke pentil di nepel 3/8 (Lihat gambar di bawah) dan pasang  sambungan 1/4 – 3/8 ke pipa besar 3/8. (Sambungan 1/4 – 3/8 bikin sendiri ya).
satu
  • Selang merah manifold sambungkan  ke sambungan 1/4 – 3/8 (untuk pengecekan unit indoor)
  • Selang kuning manifold sambungkan ke kompresor pompa (Bukan kompresor AC ya).
  • Selanjutnya buka kembali nepel keran 3/8 dengan kunci L sedangkan nepel kran 1/4 tetap tertutup.
satu
  • Selang biru manifold berfungsi mengukur tekanan kebocoran jalur kondensor unit outdoor AC sedangkan selang merah manifold untuk mengukur tekanan kebocoran jalur evaporator unit indoor AC.
  • Hidupkan kompresor, selang biru beri tekanan sekitar 200 psi dan selang merah beri tekanan sekitar  400 psi dengan menutup buka kran manifold.
  • Tunggu beberapa menit atau bebeberapa jam untuk menentukan kebocorannya. Bila salah satu selang (merah/biru) ada tekanan yang menurun berarti jalur itu yang bocor.
  • Pada unit indoor biasanya pada evaporator sering terjadi bocor dan penambalan dilakukan dengan pengelasan.
  • Gunakan kuas dan air sabun rinso/deterjen lain  untuk melihat bagian/jalur yang bocor atau evaporator langsung di celupkan ke bak air untuk melihat kebocorannya.

Vacum Body dan Isi Freon

Syarat vacum body kompresor dalam keadaan baik dan tidak mampat.

Tahapan Vacum Body : vacum jalur kondensor – vacum jalur evaporator – baru isi freon.

Vacum Jalur Kondensor

  • Tutup 2 kran nepel  pipa besar dan pipa kecil.
  • Lepas drat nepel pipa  kecilnya.
  • Lalu dengan kunci L buka kran nepel pipa kecilnya dan ada udara yang keluar dari nepel
  • Nyalakan kompresor/AC nya dan biarkan udara yang keluar dari nepel pipa kecil benar-benar habis/hampa tidak ada lagi udara keluar.
  • Setelah hampa tutup  kran nepel pipa kecilnya dimana kompresor/AC jangan dulu dimatikan.
  • Matikan Mesin AC nya lanjut ke vacum jalur evaporator dan Vacum jalur kondensor selesai.

Vacum Jalur Evaporator

  • Mesin AC masih dalam keadaan mati.
  • 2 kran nepel  pipa besar dan pipa kecil masih dalam keadaan tertutup.
  • Pasang kembali sambunngan nepel drat 1/4 (kecil) ke nepelnya tapi longgar.
  • Sambungkan selang biru manifold ke pentil  kran nepel pipa 3/8 (pipa besar)
  • Selang manifold kuning ke freon.
satu
  • Buka kran freon.
  • Lalu buang angin di evaporator dengan membuka kran biru manifold dimana  freon akan mendorong angin di jalur evaporator keluar dari nepel drat sambungan pipa kecil, biarkan angin keluar beberapa detik sampai freonnya yang keluar lalu  kencangkan nepel drat sambungannya.
  • Vacum jalur evaporator selesai. Lanjut ke isi freon.

Isi Freon

  • Buka kembali ke 2 kran drat pipa besar dan kecil dengan kunci L
  • Isi freon dengan membuka menutup kran selang manifold biru sampai tekanan freon sekitar 75 psi.
  • Ukur curent ampere dengan tang amper harus kurang lebih sama dengan yang tertera di unit outdoor indoornya.
  • Selesa

Kerusakan lain

Pipa kapiler mampat (biasanya ditandai tekanan tidak stabil, panas dan mati) dan kapasitor pada unit outdoor AC juga bisa terjadi kerusakan. Bila pipa kapiler mampat ganti dengan mengukur panjangnya dan gulung kembali dengan botol kecil selanjutnya las kembali pipa kapilernya.

Sudah beberapa kali isi freon ac kurang dingin solusinya coba tambah oli kompresornya.

Single Post Navigation

Tinggalkan komentar